Penyakit Paru Paru Pada Anak

18 Gejala Paru-Paru Basah dan Cara Mengobatinya

Penyakit paru-paru basah atau pneumonia adalahsebuah peradangan yang terjadi di dalam jaringan paru-paru baik itu di salah satu paru-paru atau keduanya dikarenakan adanya infeksi.

Di dalam paru-paru terdapat gelembung-gelembung yang berisi udara namun karena adanya infeksi ini maka gelembung tersebut menjadi bengkak dan terisi cairan. Penyakit ini biasanya ditandai dengan gejala batuk, demam, serta sesak napas. Penyakit lain yang memiliki gejala dan pengobatan sejenis diantaranya adalah pneumonia bilateral, pneumonia lobular, dan bronkopneumonia. Obat TBC


Paru-paru basah memang lebih banyak dialami oleh anak-anak di bawah usia 2 tahun dan manusia lanjut usia terutama yang berusia di atas 65 tahun. Selain anak-anak dan manula, orang yang berisiko mengalami penyakit ini adalah orang yang memiliki gangguan kesehatan, sistem kekebalan tubuh rendah dan memiliki riwayat penyakit paru-paru serta orang yang merokok.

Penyebab Paru-Paru Basah

Paru-paru basah umumnya disebabkan oleh infeksi dari bakteri namun juga ada beberapa kasus yang disebabkan karena adanya virus. Virus dan bakteri penyebab penyakit paru-paru juga bisa menular dan jenis virus atau bakterinya berbeda-beda tergantung dari jenis lokasi penularannya. Namun infeksi ini juga bisa terjadi karena penularan yang diperoleh dari organ tubuh lainnya yang sudah masuk ke dalam paru-paru sehingga menimbulkan infeksi melalui aliran darah tapi virus dan bakteri yang masuk lebih sering berasal dari udara.

Berikut ini akan dijelaskan lebih detil mengenai penyakit paru-paru basah berdasarkan penyebabnya:

Paru-Paru Basah Akibat Bakteri

Bakteri yang umum menyebabkan paru-paru basah pada orang dewasa adalah jenis bakteri Streptococcus pneumonia yang lebih dikenal dengan nama lainnya yaitu Pneumococcal pneumonia. Ada juga beberapa jenis bakteri lainnya yang dapat mengakibatkan paru-paru basah namun tidak sering dijumpai seperti Staphylococcus aureus, Mycoplasma pneumoniae (bakteri ini lebih sering menyerang anak-anak dan remaja), dan Haemophilus influenzae.

Paru-paru Basah Akibat Virus

Virus penyebab paru-paru basah umumnya diakibatkan oleh jenis Respiratory Syncytial Virus (RSV) atau bisa juga disebabkan oleh virus penyebab influenza A atau B dan biasanya jenis virus ini lebih banyak menyerang anak-anak atau bayi.

Paru-paru Basah Aspirasi

Paru-paru basah atau pneumonia aspirasi terjadi disebabkan karena objek luar selain bakteri dan virus seperti asap yang mengandung bahan kimia, zat berbahaya, kacang, dan lainnya yang dapat menyebabkan iritasi serta infeksi paru-paru.

Gejala

Gejala paru-paru basah dapat muncul kapan saja dan secara tiba-tiba dalam jangka waktu satu hingga dua hari atau lebih. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit paru-paru basah ini juga sama dengan gejala yang ditimbulkan oleh penyakit lain, seperti Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) atau bronkitis. Berikut ini gejala umum yang ditimbulkan paru-paru basah:

1. Batuk

Sebagian besar orang mungkin akan menyepelekan penyakit yang satu ini karena dianggap sebagai penyakit biasa dan musiman yang akan pergi dengan sendirinya. Memang benar jika penyakit batuk dianggap sebagai penyakit musiman yang terjadi jika musim hujan datang atau karena sering makan gorengan. Ternyata batuk merupakan salah satu tanda dari adanya penyakit paru-paru basah. Batuk yang tidak sembuh walaupun sudah diberikan segala macam obat merupakan salah satu tanda bahwa anda mengalami paru-paru basah. Batuk yang akan dialami biasanya berupa batuk kering baru kemudian menjadi batuk berdahak. Ciri Bakteri Penyebab Penyakit Paru Paru

2. Muncul Keringat Dingin

Tanda lain sebagai gejala dari penerita paru-paru basah adalah munculnya keringat dingin terutama pada telapak tangan dan kaki. Gejala ini merupakan yang paling umum dirasakan oleh para penderitanya. Keringat dingin yang dialami oleh para penderita paru-paru basah bukan karena efek dari cuaca panas namun terjadi karena adanya ketidaklancaran oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, tubuh merespon dengan cara mengeluarkan keringat sebagai salah satu aksi protes. Jadi, jika anda merasakan keringat dingin yang terus menerus keluar dari telapak tangan dan kaki sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

3. Sakit Kepala

Paru-paru basah yang menyerang daerah paru-paru juga bisa berpengaruh pada organ lainnya salah satunya adalah kepala. Penderita paru-paru basah biasanya akan merasakan sakit kepala yang ringan. Hal ini dikarenakan kurangnya pasokan oksigen ke otak. Jadi, jika anda mengalami sakit kepala bukan berarti bagian kepala anda yang sakit namun bisa jadi ada organ lain yang bermasalah. Selalu waspada dengan keadaan ini.

4. Mudah Lelah

Lelah merupakan hal yang biasa terjadi saat tubuh melakukan aktivitas secara terus-menerus dan tidak kunjung berhenti apalagi jika melakukan aktivitas berat. Rasa lelah yang dirasakan akan menghilang ketika tubuh istirahat atau tidur serta bisa dilakukan dengan mengonsumsi berbagai suplemen. Namun tanda dari penyakit paru-paru basah bukan rasa lelah yang biasanya dirasakan melainkan para penderitanya akan merasakan lelah secara terus-menerus meskipun tidak melakukan kegiatan apapun. Rasa lelah yang berkelanjutan ini dikarenakan terjadinya penurunan pasokan oksigen di dalam seluruh tubuh sehingga tubuh menjadi terasa lelah.

5. Nafsu Makan Berkurang

Gejala lainnya yang dirasakan oleh penderita paru-paru basah adalah berkurangnya nafsu makan dan menurunnya berat badan secara tiba-tiba. Gejala yang satu ini biasanya tidak dirasakan atau disadari oleh penderita karena menganggap hanya sebagai siklus saja. Namun hal ini juga bisa disebabkan oleh adanya infeksi di bagian paru-paru sehingga pencernaan dan nafsu makan pun bisa berkurang dengan drastis. Jika anda mengalami hal ini dan menderita penyakit paru-paru basah maka penyakit yang diderita sudah cukup parah. Jadi, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan kepada dokter untuk menentukan pengobatan yang lebih baik.

6. Batuk Darah

Selain batuk berdahak dan batuk kering yang akan dialami oleh penderita paru-paru basah, batuk yang akan dialami juga biasanya bisa berupa darah. Hal ini sangat tidak baik dan mengindikasikan bahwa penyakit tersebut sudah cukup parah karena pembengkakan di dalam gelembung paru-paru sudah cukup parah dan pecah sehingga terjadi pendarahan di dalamnya. Batuk ini juga biasanya akan disertai dengan rasa sakit di bagian tenggorokan.

7. Sesak Napas

Gejala lain yang sangat identik dengan adanya masalah pada organ paru-paru adalah rasa sesak napas. Napas akan menjadi pendek-pendek dan menjadi terengah-engah meskipun sedang dalam istirahat. Hal ini terjadi karena adanya masalah di dalam paru-paru sebagai pemasok oksigen utama, yaitu berkurangnya supply oksigen sehingga mengakibatkan kesulitan bernapas.

8. Rasa Sakit di Bagian Dada

Seperti yang diketahui penyakit paru-paru basah terjadi karena adanya infeksi di bagian gelembung paru-paru yang disebabkan oleh virus maupun bakteri sehingga terjadi pembengkakan di dalamnya. Secara posisi di dalam tubuh, organ paru-paru ini tepat di dalam tulang dada maka ini akan mengakibatkan rasa sakit dan nyeri pada bagian dada apabila dipegang ataupun tidak.

9. Detak Jantung Cepat

Jantung dan paru-paru merupakan dua organ yang sangat erat hubungannya. Paru-paru mengambil dan mengeluarkan oksigen dari luar tubuh sedangkan jantung berfungsi untuk mengelola oksigen yang akan diedarkan ke seluruh tubuh melalui darah. Oleh karena itu, jika terjadi gangguan paru-paru maka secara otomatis juga akan membuat kinerja jantung terganggu. Hal ini ditandai dengan detak jantung yang menjadi lebih cepat dibandingkan biasanya dan akan semakin parah jika penderita gejala paru-paru basah ini juga menderita tekanan darah tinggi.

10. Rasa Nyeri di Bagian Persendian

Selain bagian dada dan kepala yang akan terasa sakit dan nyeri, ada bagian tubuh lainnya yang ikut merasakannya yaitu bagian persendian. Bagian persendian ini akan terganggu karena pembuluh darah yang ada di dalamnya tidak bekerja maksimal. Sebagaimana telah diketahui bahwa pembuluh darah merupakan tempat mengalirnya darah di dalam tubuh dalam rangka menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh, dengan tidak maksimalnya fungsi pembuluh darah maka secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap terganggunya peredaran oksigen ke setiap organ tubuh yang membutuhkannya.

11. Mual dan Muntah

Karena supply oksigen dalam tubuh terganggu maka bagian organ dalam perut juga terganggu dan menjadikan para penderita paru-paru basah akan merasakan mual dan muntah dalam jangka waktu yang lumayan dekat dan sering.

12. Bibir dan Kuku Pucat

Gejala lainnya yang menandakan seseorang terkena paru-paru basah bisa dilihat dari warna bibir dan kuku yang pucat hingga kebiruan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya asupan oksigen di dalam pembuluh darah bibir dan kuku. Namun ini bisa menjadi salah satu tanda efektif untuk menunjukkan seseorang terkena paru-paru basah atau tidak.

13. Radang Tenggorokan

Paru-paru basah juga bisa mengakibatkan peradangan pada tenggorokan atau yang biasa juga kerap kali disebut sebagai laryngitis. Hal ini akan mengakibatkan perubahan suara menjadi serak karena di dalam pita suara terdapat banyak lendir.

14. Gemetar

Para penderita paru-paru basah juga dapat dideteksi dengan adanya tubuh yang terus menerus gemetar tanpa ada sebab yang jelas. Gemetaran ini akan dirasakan oleh para penderita secara berkelanjutan dan tidak kunjung berhenti.

15. Gelisah

Para penderita paru-paru basah juga biasanya akan mengalami kecemasan dan gelisah. Ini bisa ditandai dengan tidur yang tidak nyenyak dan jika dialami oleh anak-anak atau bayi akan terus-menerus menangis dengan napas yang tersengal-sengal.

16. Bau Mulut

Bau mulut yang tidak sedap juga akan dirasakan oleh para penderita paru-paru basah. Kadar oksigen yang kurang akan membuat kelembaban mulut juga berkurang sehingga membuat bau yang tidak sedap di dalam mulut.

17. Demam

Para penderita paru-paru basah biasanya akan mengalami demam sebagai bentuk protes dari tubuh karena ada kelainan di dalam tubuhnya terutama bagian paru-paru. Demam yang dirasakan memang mungkin tidak terlalu tinggi tapi cukup menganggu aktivitas para penderitanya. Demam yang dirasakan juga akan terjadi secara berkala atau tidak secara terus-menerus.

18. Kebingungan

Salah satu gejala yang dialami oleh para penderita paru-paru basah adalah timbulnya rasa cemas dan bingung entah harus berbuat apa dan ini terkadang membuat orang di sekitarnya menjadi cemas dan kebingungan juga. Jika anda melihat teman atau kerabat mengalami hal ini sebaiknya waspada.

Jika anda mengalami gejala yang telah dipaparkan di atas maka sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Anda juga sebaiknya mendapatkan perawatan medis secepat mungkin jika mengalami gejala yang sudah parah seperti napas yang terengah-engah, sakit pada dada, serta demam yang tidak kunjung turun.

Diagnosis Paru-Paru Basah

Diganosis paru-paru basah cukup sulit untuk dilakukan karena gejalanya hampir mirip dengan penyakit lainnya seperti penyakit bronkitis, asma, dan flu. Untuk melakukan diagnosis, dokter akan memberikan beberapa pertanyaan seperti sudah berapa lama batuk yang dirasakan apakah kering, berdahak, atau pernah mengeluarkan darah? apakah pasien mengalami sesak napas dan lemas secara terus-menerus serta pertanyaan lainnya yang relevan.

Dalam proses diagnosis ini dokter juga akan memeriksa suhu tubuh pasien dan juga memeriksa bagian rongga dada dengan menggunakan stetoskop. Dokter akan mengetuk-ngetukan stetoskop pada bagia dada karena bunyi dari dada yang sehat dan dada yang banyak cairannya berbeda. Jika hasil diagnosis ini memberikan rujukan bahwa pasien sangat kuat menderita gejla paru-paru basah maka selanjutnya akan direkomendasikan untuk melakukan pemeriksaan lanjutan. Beberapa pemeriksaan lanjutan diantaranya adalah sebagai berikut:

Rontgen bagian dada

Rontgen dada ini hampir merupakan pemeriksaan wajib karena dapat melihat keadaan di bagian dada dan fokus pada paru-paru terkait adanya penumpukan cairan dan terjadinya infeksi. Pemeriksaan rontgen dada ini bisa dilakukan lebih dari sekali karena sangat mungkin rontgen pertama tidak mendapatkan hasil yang maksimal.

Pemeriksaan darah dan dahak

Pasien juga akan diambil sampel darah dan dahak karena untuk membantu tim medis dalam mengidentifikasi ada tidaknya bakteri dan virus dalam paru-paru. Pasien sangat perlu melakukan pemeriksaan ini karena selain untuk memastikan apakah diagnosis benar mengarah pada penyakit paru-paru basah atau mengarah kepada penyakit lainnnya. Penyakit paru-paru basah ini juga bisa menjadi indikasi awal dari kanker paru-paru terutama bagi pasien yang sudah berusia di atas 50 tahun atau perokok berat.

Pengobatan Paru-Paru Basah

Berikut ini pengobatan yang dapat dilakukan bagi penderita paru-paru basah:

  • Penderita paru-paru basah ringan dapat melakukan pengobatan di rumah dengan menggunakan obat antibiotik jika penyebabnya adalah bakteri serta sebaiknya cukup istirahat dan cukup minum.
  • Sedangkan untuk yang melakukan pengobatan di rumah bisa dengan mengonsumsi obat yang sudah diresepkan oleh dokter kurang lebih selama 14-21 hari dan pasien harus rutin berkonsultasi dengan dokter supaya mendapatkan pengawasan yang efektif.
  • Bagi pasien yang melakukan perawatan di dalam rumah juga bisa mengkonsumsi obat analgesik seperti ibuprofen dan parasetamol yang bisa digunakan untuk mengurangi demam dan nyeri sendi. Namun jika pasien memiliki masalah pada lambung dan ginjal sebaiknya untuk melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
  • Jika obat antibiotik yang dikonsumsi tidak kunjung memberikan dampak yang signifikan maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter karena bisa jadi penyebabnya bukan dari bakteri melainkan dari virus. Antibiotik hanya bisa digunakan untuk penyakit yang disebabkan oleh bakteri sedangkan untuk yang disebabkan oleh virus hanya bisa dilakukan dengan meningkatkan antibodi untuk memusnahkannya atau jika tidak memang bakteri di dalam penyakit lebih kuat dari antibiotik yang diberikan.

Perbanyak minum air putih dan cukup istirahat sangat dianjurkan.

Sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat batuk meskipun penderita mengalami batuk yang cukup kuat. Hal ini dikarenakan obat ini justru akan membuat peradangan yang terjadi di dalam gelembung paru-paru menjadi lebih parah. Sebagai gantinya bisa dengan mengonsumsi air putih atau lemon hangat.

Namun untuk penderita paru-paru basah yang sudah cukup parah maka dapat melakukan rawat inap di rumah sakit. Rawat inap di rumah sakit dilakukan karena penderita membutuhkan bantuan cairan infus, bantuan oksigen supaya pernapasannya menjadi lebih lancar. Para penderita juga mungkin akan membutuhkan ventilator di ruang perawatan intensif.

Pencegahan Paru-paru Basah

Penyakit paru-paru basah tentu saja bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat dan bersih. Tindakan pencegahan ini juga bisa dilakukan dengan mudah dengan beberapa cara berikut ini:


  • Olahraga secara teratur dan istirahat yang cukup.
  • Makan makanan yang sehat dan kaya nutrisi dengan mengonsumsi buah serta sayuran hijau serta mengurangi konsumsi makanan berlemak.

  • Rutin mencuci tangan sebelum dan sesudah makan guna menghindari perpindahan kuman, virus, dan bakteri yang bisa menyebabkan paru-paru basah.

  • Menutup mulut dan hidung menggunakan lengan bagian dalam atau tisu untuk menampung kuman agar perpindahan kumannya akan relatif lebih sedikit.

  • Hindari merokok karena kebiasaan ini bisa menyebabkan bagian paru-paru menjadi lebih rentan jika terkena infeksi dari virus atau bakteri. Cara terbaik yang dilakukan adalah dengan berhenti merokok. Jika anda mengalami kesulitan untuk menghentikan kebiasaan merokok maka anda bisa bergabung dengan beberapa komunitas seperti Komunitas Anti Rokok Indonesia (KARI) serta Klub Jantung Remaja (KJR).

  • Tidak mengonsumsi alkohol. Orang yang mengkonsumsi minuman beralkohol memiliki kesempatan lima kali lebih besar mengalami paru-paru basah dan infeksinya apalagi jika kebiasaan minum ini sudah dilakukan dalam jangka panjang.

  • Vaksinasi PVC dan influenza.

  • Jangan biasakan tidur dengan menggunakan kipas angin, karena kebiasaan ini memicu terjadinya infeksi pada gelembung paru-paru.

Salah satu alternatif untuk mengobati Penyakit Paru Paru adalah dengan memanfaatkan bahan alami yang bermanfaat membantu pengobatan penyakit anda, kami De Nature Indonesia menyediakan produk obat herbal untuk membantu penderita Penyakit Paru Paru "Detopar & Pipeca dari De Nature Indonesia" Detopar & Pipeca dari kami De Nature.

Salah satu produk Obat Herbal Alami, diproduksi lebih dari 10 tahun yang sudah dipercaya sampai sekarang. Terbuat dari bahan herbal, sehingga aman dikonsumsi tanpa menimbulkan efek Samping. Segera obati penyakit Paru Paru anda, dengan izin Alloh SWT mudah-mudahan dapat terobati. Amin. Untuk pemesanan obat herbal Penyakit Paru Paru bisa melakukan kontak dengan kami. Separah apapun penyakit yang anda alami dapat disembuhkan jika anda sendiri mau berusaha mengobatinya, Penyakit Paru Paru anda bisa disembuhkan secara cepat dan aman! Silahkan kontak kami

Produk kami telah terdaftar oleh DINAS KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA dengan Nomor Izin POM TR.173399941 dan POM TR.173394651.

*Harga sewaktu waktu bisa berubah*

PAKET OBAT PARU PARU@ RP 295.000,- (DETOPAR + PIPECA)

Beli Satuan: 1 Botol DETOPAR : Rp 150.000,- 1 Botol PIPECA: Rp 150.000 ,- (Belum termasuk Biaya Kirim) Untuk biaya kirim wilayah Jawa 25.000, Luar Jawa 55.000, Papua 100.000


Loh kok Mahal...?

Mahal atau murah itu relatif, jika dibandingkan dengan operasi untuk menghilangkan Penyakit Paru Paru itu biaya bisa mencapai jutaan. Dengan cara tradisional ini untuk harga paket obat Penyakit Paru Paru tersebut sangat murah, jika di bandingkan dengan operasi, serta bisa dikerjakan sendiri di rumah.

  • DETOPAR Dan PIPECA dari De Nature Indonesia merupakan produk unggulan dari perusahaan herbal CV. De Nature Indonesia. Kualitas bagus, cepat dan aman, telah digunakan oleh banyak konsumen di Indonesia dan Mancanegara, hasil terapinya sangat optimal.
  • Membersihkan Paru-Paru
  • Batuk Berlendir, Batuk Berdahak
  • TBC
  • Detox Paru
  • Melancarkan Pernafasan
  • Menormalkan Fungsi Paru-Paru
  • Menyaringkan Suara

Keunggulan Obat PARU PARU De Nature :

Obat Herbal Berlisensi BPOM dan MUI

Diantara visi dan misi utama perusahaan adalah membantu program pemerintah untuk menyehatkan masyarakat. Bukti hal tersebut adalah produk kami sudah memperoleh izin resmi POM TR.173399941 dan POM TR.173394651, sehingga anda tidak perlu meragukan produk ini. Produk kami senantiasa terjaga kualitasnya, aman dikonsumsi, mendapatkan sertifikat BPOM dan MUI.

Konsultasi gratis tanpa perlu malu ke dokter atau apotik

Banyak penderita penyakit Paru Paru yang merasa enggan dan malu untuk melakukan pengobatan. Di sini kami melayani konsultasi gratis dengan customer service kami yang akan membantu keluhan anda setiap saat. Dengan konsultasi secara online melalui telp/sms/whatsapp maupun BBM, anda tidak perlu lagi malu dan segan menyampaikan keluhan anda.

Pengobatan Paru Paru tidak memerlukan suntikan

Dengan menggunakan obat ini, maka anda tidak perlu operasi lagi. Jika selama ini anda takut dengan operasi atau alergi terhadap berbagai obat kimia, maka Detopar dan Pipeca adalah solusi yang tepat.

Pengobatan yang hemat waktu dan biaya

Hanya dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp. 295.000, anda sudah bisa memperoleh produk ini. Hal ini tentunya lebih menghemat biaya dan waktu jika dibandingkan dengan menggunakan pengobatan konvensional yang notabene membutuhkan biaya yang besar.

Rahasia aman dan dijamin aman

Sudah merupakan komitmen kami untuk senantiasa menjaga kenyamanan konsumen dalam berbelanja, termasuk menjaga privacy konsumen. Oleh karena itu, paket pengiriman obat penyakit Paru Paru ini nantinya kami kirimkan akan berbentuk polos dan rapi guna menjaga rahasia anda. Jadi anda tidak perlu khawatir akan diketahui oleh orang lain. Jangan takut untuk menggunakan produk kami, karena produk kami ini sudah tersebar ke seluruh penjuru Nusantara, bahkan sampai ke luar negeri. Jadi tunggu apalagi, segera obati penyakit Paru Paru anda sekarang juga sebelum terlambat dan menjadi lebih parah.


Apakah Dijamin 100% sembuh ?

Jawab: Dokter saja tidak bisa menjamin/menggaransi kesembuhan. Karena penyakit itu datangnya dari yang di Atas, dan kesembuhannyapun dari yang di Atas. Selain minum obat, anda juga harus berdoa dan bertaubat jangan melakukan dosa lagi. Yang bisa menjamin kesembuhan hanya Alloh, jika saya berkata dijamin 100% pasti sembuh, berarti saya sudah menjadi orang yang sombong dan melampaui kekuasaan-Nya. Tapi sebagai pertimbangan, pasien kita jumlahnya sudah banyak.

*PERHATIAN*

  • Sehubungan dengan iklan yang ditawarkan di internet dengan nomor kontak dan website yang berbeda, karena bagian dari marketing online dari De Nature Indonesia banyak.
  • Jika anda masih kurang jelas, silahkan kontak kami langsung via Tlp/SMS/WA ke nomor 082314877772
  • Pesanan dalam waktu singkat pasti sampai ke tempat anda. Bukti nomor (resi) pengiriman akan kami kirimkan H+1 setelah pembayaran.
  • Garansi 100% uang kembali apabila barang tidak sampai.
  • Melayani pengiriman ke seluruh dalam negeri maupun luar negeri
Cara Pemesanan Obat: SMS kan: NAMA ANDA# KOTA ANDA # PESAN OBAT PARU PARU

Kirim Ke 082314877772


Tunggu Apalagi !

Jangan Tunda Pengobatan Penyakit Anda Sebelum Semakin Parah Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati Segera Dapatkan Pengobatan Yang Tepat!

Melayani pengiriman Keseluruh Dalam Negeri Maupun Luar Negeri

**Pesanan dalam waktu singkat Pasti Sampai ketempat Anda**

Kepuasan Pelanggan Adalah Prioritas Utama Kami


Images add a perfect touch to your blog posts and attract readers to open them. The first image from your content will be automatically used as a blog post thumbnail, so the right opening image can increase the attractiveness of your article.

The introductory paragraph gives readers the main idea of what they can expect. It can be also used as a short preview in the blog post list. Different formatting will help it stand out from the rest of the texts. Read further to see how can you format your blog posts.

Short and simple blog posts are the best way to keep your visitors in the loop. Exciting introductory paragraph and a brief, informative content will ensure that your readers will keep coming for more news.